Connect with us

SukaSinema

10 Film Dengan Plot Twist Mencengangkan Yang Wajib Ditonton!

Film

10 Film Dengan Plot Twist Mencengangkan Yang Wajib Ditonton!

10 Film Dengan Plot Twist Mencengangkan Yang Wajib Ditonton!

Sepanjang beberapa dekade ini, dunia perfilman dunia berhasil menciptakan karya-karya yang dapat mencengangkan penonton. Plot twist yang ada di beberapa film terus dikenang dan dipuji oleh para kritikus film. Penonton dibuat harus memutar otak dalam menemukan petunjuk yang diberikan sebelum kesimpulan akhir didapatkan. Berikut adalah 10 film dari berbagai genre yang mengandung plot twist terbaik sepanjang masa.

Gone Girl (2014)

Sebuah film psychological thriller yang diadaptasi dari novel karya Gillian Flynn. Bercerita tentang sebuah kasus hilangnya istri Nick Dunne, Amy, dan bagaimana misteri ini perlahan terbongkar dari dua sudut pandang. Nick yang melaporkan hilangnya Amy harus menghadapi semua orang, bahkan orang terdekat, yang mencurigainya. Ditambah dengan temuan darah di rumah mereka dan buku diary milik Amy yang hampir terbakar, Nick semakin diperlakukan sebagai pelaku dalam investigasi ini.

Dibintangi oleh Ben Affleck sebagai Nick Dunne dan Rosamund Pike sebagai Amy. Film yang disutradarai David Fincher ini menyita banyak perhatian kritik film di seluruh dunia dan menuai tanggapan positif. Plot twist yang ada di film ini akan membuat penonton bertanya-tanya apa sebenarnya yang ada di dalam pikiran pasangan mereka.

Memento (2002)

Sebuah film neo-noir psychological thriller yang berawal dari cerita pendek Jonathan Nolan. Menceritakan seorang Leonard yang menderita anterograde amnesia (tidak bisa membuat ingatan baru sehingga setiap hari seperti mengulang dari awal kembali) setelah diserang oleh orang yang memerkosa dan membunuh istrinya. Pria ini kemudian berusaha untuk menyelidiki pelakunya yang dia yakini ada dua orang. Sejalan dengan penyelidikannya, Leonard berusaha untuk mencatat ingatannya melalui tato dan foto polaroid yang dia buat.

Film besutan Christopher Nolan ini diceritakan dengan dua alur naratif berbeda. Ditampilkan dengan dua skema warna yang berbeda juga, alur film ini bergerak dari depan ke belakang. Pada akhir film, kedua alur yang ada akhirnya bertemu di pertengahan dan membuat sebuah naratif lengkap yang menjelaskan cerita sesungguhnya.

Se7en (1995)

Film crime thriller satu ini telah menjadi salah satu film klasik dalam hal plot twist. Bercerita tentang usaha dua detektif dalam memecahkan sebuah kasus pembunuhan berantai. Sang pembunuh memiliki motif pembunuhan yang berdasarkan pada 7 dosa besar; kesombongan, ketamakan, iri hati, kemarahan, kerakusan, hawa nafsu, dan kemalasan. Bukan identitas atau tertangkapnya sang pembunuh yang akan menjadi plot twist film ini. Melainkan bagaimana sang pembunuh pada akhirnya berhasil menyelesaikan motif tujuh dosa besar miliknya.

Film ini disutradarai oleh David Fincher dan dibintangi oleh beberapa pemain papan atas seperti Morgan Freeman, Kevin Spacey, Brad Pitt, dan Gwyneth Paltrow.

Atonement (2007)

Film satu ini agaknya memiliki genre yang berbeda dengan film berunsur plot twist lainnya. Film ini adalah film drama romantis yang memiliki latar belakang masa peperangan. Bercerita tentang Briony Tallis yang di masa anak-anaknya memergoki kakaknya, Cecilia, tengah bercumbu dengan anak tukang kebunnya, Robbie. Briony kemudian membuat sebuah pengakuan hasil dari salah kaprahnya yang menyebabkan kehidupan mereka bertiga berubah seumur hidup.

Plot twist yang ada di film ini mungkin akan menghasilkan reaksi yang berbeda terhadap penontonnya. Jika biasanya unsur plot twist membuat penonton tercengang atau memutar otak, dalam dalam film ini justru dapat menghasilkan kucuran air mata.

Diadaptasi dari novel karya Ian McEwan, Atonement disutradarai oleh Joe Wright dan dibintangi oleh James McAvoy, Keira Knightley, dan Saoirse Ronan.

Psycho (1960)

Disutradarai oleh Alfred Hitchcock, Psycho menjadi salah satu film klasik yang membuahkan sebuah franchise sendiri. Bercerita tentang seorang sekretaris, Marion Crane, yang menginap di sebuah motel terpencil untuk kabur setelah mencuri uang perusahaan. Di sana ia bertemu dengan sang pengurus motel, Norman Bates. Pertemuannya dengan sang pemilik motel berakhir tragis ketika Ibu dari Norman terlibat.

Salah satu dari sejumlah film dengan unsur plot twist yang mengandalkan kondisi psikologi manusia. Namun Psycho tetap menjadi sebuah film original yang menginspirasi banyak karya lain seperti novel hingga film remake.

Fight Club (1999)

Sebuah film cult paling terkenal sepanjang masa. Bercerita tentang seorang pria tanpa nama yang disebut sang narator. Dalam salah satu perjalanannya naik pesawat, ia bertemu dengan Tyler Durden, seorang penjual sabun. Sang narator yang menderita depresi dan insomnia akhirnya membentuk ‘fight club’ bersama Tyler. Klub ini kemudian menjadi sebuah fenomena nasional, namun sebuah masalah antara Tyler dan sang narator akan memperburuk suasana.

Sepertinya David Fincher memang seorang sutradara spesialis film-film plot twist. Film adaptasi novel Chuck Palahniuk dengan judul yang sama ini dibintangi oleh Edward Norton sebagai sang narator dan Brad Pitt sebagai Tyler Durden. Selain itu, Helena Bonham Carter juga menjadi salah satu karakter, Marla, yang memiliki hubungan intim dengan sang narator dan Tyler.

American Psycho (2000)

Walaupun mungkin tidak terlihat secara langsung, film ini memiliki genre black comedy horror. Bercerita tentang seorang bankir investasi, Patrick Bateman yang terlihat memiliki kehidupan yang sempurna. Namun ternyata di sisi lain kehidupannya ia adalah seorang psikopat sekaligus pembunuh berantai. Tidak ada kesamaan tertentu dalam pembunuhannya, bahkan bisa dibilang dia membunuh untuk bersenang-senang.

Sebagian besar film ini berfokus pada kehidupan ganda yang dimiliki oleh Patrick Bateman. Namun sepanjang film penonton pasti akan bertanya-tanya bagaimana dia bisa kabur dari segala macam hal yang telah ia lakukan? Di situlah plot twist film American Psycho berada.

Lagi-lagi disutradarai oleh David Fincher. Film American Psycho diadaptasi dari novel karya Bred Easton Ellis dengan judul yang sama. Dibintangi oleh, beberapa di antaranya, Christian Bale, Jared Leto, Justin Theroux, dan Reese Witherspoon.

Shutter Island (2010)

Sebuah film neo-noir psychological thriller. Bercerita tentang seorang Marsekal AS, Teddy, yang harus menginvestigasi hilangnya seorang pasien rumah sakit jiwa di pulau terpencil. Dalam penyelidikannya, Teddy dibantu oleh koleganya, Chuck. Lama kelamaan, Teddy merasakan ada yang salah dengan tempat tersebut beserta orang-orangnya. Dia mulai mempertanyakan apakah sebenarnya dia tengah berada di dalam perangkap tempat terpencil tersebut.

Sebuah plot twist yang sangat psikologis dan membuat penonton mempertanyakan siapa yang benar. Karakter yang ada di sini tidak bisa dikubukan menjadi yang baik dan yang jahat. Namun, misteri yang akan terbongkar pasti akan membuat penonton berdecak kagum dengan kisahnya.

Disutradarai oleh Martin Scorsese dan ditulis oleh Laeta Kalogridis yang didasaekan pada novel karya Dennis Lehane. Shutter Island dibintangi oleh Leonardo DiCaprio, Mark Ruffalo, Ben Kingsley, dan Michelle Williams.

The Sixth Sense (1999)

Sedikit berbeda dengen genre lainnya, film ini adalah film supernatural horror. Menceritakan kisah seorang psikolog anak, Dr. Malcolm Crowe, yang kembali bekerja setelah dirinya diserang oleh mantan pasiennya. Pasiennya kali ini adalah seorang anak bernama Cole yang mengaku dirinya dapat melihat dan berinteraksi dengan orang-orang yang telah meninggal. Malcolm kemudian berusaha untuk membimbing Cole dalam memanfaatkan kemampuannya untuk membantu jiwa-jiwa yang tersesat tersebut.

Film ini adalah film yang berhasil membuat nama M. Night Shyamalan berhasil dikenal sebagai seorang sutradara dan penulis naskah. Film yang dibintangi oleh Bruce Willis ini memiliki akhir plot twist yang cukup mengharukan. Walaupun bergenre horror, film ini masih bisa menampilkan sisi supernatural/horror dan sisi lugu sang anak kecil dengan seimbang.

Inception (2010)

Sebuah film science fiction action thriller besutan Christopher Nolan. Bercerita tentang sekumpulan pencuri profesional yang “mencuri” informasi dengan menginfiltrasi alam bawah sadar targetnya. Dengan imbalan dapat dihapuskan seluruh riwayat kriminalnya, mereka harus menumbuhkan suatu pemikiran dalam alam bawah sadar sang target. Akan tetapi, alat yang mereka gunakan tidaklah mudah, dan mereka semakin masuk lebih dalam ke alam bawah sadar satu sama lain.

Christopher Nolan yang juga dianggap sebagai master of plot twist berhasil menuai respon positif atas film ini. Inception dibintangi oleh Leonardo DiCaprio, Joseph Gordon-Levitt, Marion Cotillard, Ken Watanabe, Ellen Page, Tom Hardy, Cillian Murphy, dan Michael Caine.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recent Posts

Advertisement

Trending

Topik

To Top