Connect with us

SukaSinema

10 Film Indonesia Terbaik Tahun 2018

Film

10 Film Indonesia Terbaik Tahun 2018

10 Film Indonesia Terbaik Tahun 2018

Tahun 2018 yang lalu dunia perfilman Indonesia telah dilewati oleh begitu banyak film yang luar biasa. Mulai dari film romantis hingga film horror, dunia perfilman Indonesia rasanya semakin maju tiap tahun. Berikut ini adalah 10 film Indonesia terbaik yang rilis tahun 2018 yang lalu.

Hoax

Berkisah tentang sebuah keluarga dengan ketiga bersaudara yang memiliki rahasia masing-masing. Kisah bermula ketika Ragil, Adek, dan Raga selesai berkumpul di rumah bapaknya. Setelah mereka pulang, rahasia ketiga bersaudara ini terlihat. Ragil berusaha menutupi rahasia tentang seksualitasnya. Adek mengalami kejadian kekerasan berbalut mistis. Lalu Raga memiliki masalah dengan percintaannya.

Ragil diperankan oleh Vino Bastian, Adek diperankan oleh Tara Basro, dan Raga diperankan oleh Tora Sudiro. Hoax sebelumnya berjudul Rumah dan Musim Hujan namun versi baru ini adalah hasil suntingan ulang.

Love For Sale

Richard Achmad, seorang pria hampir paruh baya sudah terlalu lama sendiri dan dijuluki jomblo akut. Suatu hari, ia dan kawan-kawannya bertaruh untuk dia membawa pacarnya ke pernikahan temannya. Ia pun berusaha mati-matian untuk memenuhi taruhan tersebut, jika tidak akan hancur harga dirinya. Ia menghubungi kawan-kawan perempuannya dulu yang sebagian besar sudah menikah. Koneksinya yang mungkin bersedia untuk menemani. Berusaha kencan buta pun ia lakukan.

Hingga suatu saat ia bertemu dengan Arini dari sebuah situs kencan berbayar. Dalam situs kencan tersebut, Richard tidak sengaja mengontrak Arini selama 45 hari. Hubungan mereka pun berjalan dan semakin larut dalam satu setengah bulan tersebut.

Kulari Ke Pantai

Sam adalah seorang anak pantai yang berasal dari Rote, Nusa Tenggara Timur. Ia bersama Ibunya, Uci, melakukan perjalanan darat berdua. Rencana perjalanan mereka bermula dari Jakarta hingga ke tujuan akhir di Banyuwangi. Sehari sebelum mereka berangkat, sepupu Sam yang bernama Happy, seorang tipikal anak kota, mengejek dan merendahkan Sam. Ibu Happy pun meminta Happy untuk ikut dalam perjalanan Sam dan Uci agar ia bisa lebih menghargai perbedaan dan menemui banyak hal baru sepanjang perjalanan.

Sebelum Iblis Menjemput

Kehidupan Alfie bisa dibilang penuh kesedihan. Ibunya meninggal secara misterius dan Ayahnya meninggalkannya untuk menikah kembali dan memiliki anak yang sepantaran dengan Alfie. Suatu ketika, Ayahnya mendadak meninggal dunia secara tidak wajar. Alfie pun berusaha mencari tahu penyebabnya dengan mengunjungi sebuah villa yang selalu dikunjungi Ayahnya.

Di villa tersebut, ternyata Alfie mendapati istri kedua Ayahnya beserta anak-anaknya. Ibu tirinya ingin mempertahankan kehidupan nyaman mereka. Sedangkan Maya yang sepantara dengan Alfie menyalahkannya atas kemalangan yang mereka dapati. Di villa itupun terjadi serangkaian kejadian yang menguak apa yang sebenarnya terjadi kepada Ayah Alfie.

Buffalo Boys

Berlatar belakang tahun 1860 pada zaman Kolonial Belanda. Arana melarikan diri bersama dengan dua anak Sultan Hamza, kakaknya, yang meninggal ketika diserang Kapten Van Trach. Arana bersama Jamar dan Suwo pergi jauh dan bekerja di dunia ‘wild west’ Amerika dan menjadi koboi yang mengendarai sapi.

Suatu ketika terjadi suatu hal yang hampir merenggut nyawa Arana dan dia pun memutuskan untuk kembali ke Indonesia untuk membalas dendam. Ketika ketiga kawan ini kembali ke Indonesia, Van Trach telah menjadi gubernur di sebuah kota kecil. Ketika sedang merencanakan pembalasan dendamnya, mereka bertemu dengan Kiona, anak seorang kepala desa. Suwo pun jatuh cinta kepada Kiona. Ketika kekuatan dari masa lalu dan masa kini bertemu, Jamar dan Suwo berjuang demi keadilan bagi rakyatnya yang tertindas.

Wiro Sableng: Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212

Berlatar belakang pada abad ke-16. Wiro Sableng adalah seorang murid seorang pendekar misterius bernama Sinto Gendeng. Ia mendapatkan titah dari gurunya untuk meringkus Mahesa Birawa, mantan murid Sinto Gendeng yang berkhianat. Dalam perjalanannya mencari Mahesa Birawa, Wiro Sableng terlibat dalam petualangan seru dan dibantu oleh dua sahabat barunya, Anggini dan Bujang Gila Tapak Sakti. Pada akhirnya Wiro tidak hanya menguak rencana keji Mahesa Birawa namun ia juga menemukan arti sejati menjadi seorang pendekar.

Aruna & Lidahnya

Aruna melakukan petualangan kuliner keliling Nusantara bersama kedua sahabatnya, Bono dan Nad di Pamekasan, Singkawang, Pontianak. Tanpa disangka olehnya, dalam perjalanan penuh cita rasa tersebut Aruna berjumpa dengan seseorang dari masa lalunya, Farish. Sambil menikmati berbagai macam masakan nusantara, mereka pun terlibat dalam pembicaraan yang mengungkapkan rahasia terpendam selama ini.

Milly & Mamet

Sebuah lanjutan dari kisah Ada Apa Dengan Cinta 2 namun dengan fokus pada karakter yang berbeda. Milly dan Mamet sedang disibukkan mengurus bayi mereka yang baru lahir. Mamet sebenarnya memiliki passion memasak dan juga sempat bekerja sebagai chef. Akan tetapi kini ia bekerja di pabrik milik Ayah Milly. Pilihan tersebut sedikit terpaksa ia ambil karena kini ia menjadi tumpuan ekonomi keluarga setelah Milly berhenti dari posisinya sebagai bankir untuk fokus membesarkan anak.

Suatu hari, Mamet berjumpa dengan Alexandra, salah satu teman dekatnya di zaman kuliah dulu. Dengan antusias, Alexandra bercerita bahwa ia mendapatkan investor untuk membiayai restoran yang dulu pernah mereka khayalkan bersama. Mamet pun berada di posisi yang terbelah antara mengikuti impiannya atau menjadi kepala keluarga yang baik.

27 Steps of May

Delapan tahun sebelumnya ketika May berumur 14 tahun, ia diperkosa oleh sekumpulan orang. Kejadian tersebut membuat Ayah May sangat terpukul dan menyalahkan dirinya sendiri karena tidak bisa menjaga putrinya. Akibat trauma yang sangat besar dari kejadian tersebut, May menarik diri sepenuhnya dari kehidupan dan dunia luar.

Ayah May terjebak oleh perasaan bersalah yang membawanya hidup di dua dunia. Bersama May, dia memiliki jiwa lembut yang mengorbankan segalanya demi kenyamanan dan keamanan putrinya. Akan tetapi di dunia luar, ia adalah seorang petinju yang bertarung untuk menyalurkan amarahnya di ring tinju.

Sampai akhirnya suatu hari seorang pesulap pindah ke rumah sebelah mereka dan menciptakan celah kecil di dinding kamar May. Pesulap tersebut membuat May membangkitkan emosinya dan membebaskan dirinya untuk bergerak maju.

Film 27 Steps of May sudah sempat ditayangkan pada acara Jogja-Netpac Asia Film Festival tahun 2018 lalu.

Ave Maryam

Berlatar belakang di Semarang pada tahun 1998. Maryam terlahir dari keluarga Muslim, namun ia ditugaskan untuk mengurus rumah biarawati di daerah Ambarawa. Di sana Maryam bertemu dengan tujuh biarawati tua dengan keadaan tidak terurus. Sehari-hari Maryam membersihkan asrama, memandikan biarawati yang sudah tua, dan menyiapkan makanan.

Di tengah waktunya mengurus para biarawati, Maryam bertemu dengan pastor baru gereja yang bernama Yosef. Pertemuan yang berkesan tersebut berlanjut menjadi hubungan yang lebih mendalam dengan Yosef walaupun dia tahu itu salah. Hubungannya dengan Yosef pun menjadi penghalang bagi tugasnya dalam mengurus biarawati karena sering pulang telat. Loyalitas dan komitmennya untuk melayani para biarawati pun mulai dipertanyakan.

Film Ave Maryam sudah sempat ditayangkan pada acara Jogja-Netpac Asia Film Festival tahun 2018 lalu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recent Posts

Advertisement

Trending

Topik

To Top