Connect with us

SukaSinema

13 Film Horor Terbaik dan Terseram Sepanjang Masa

film horor

Film

13 Film Horor Terbaik dan Terseram Sepanjang Masa

13 Film Horor Terbaik dan Terseram Sepanjang Masa

Film bergenre horor adalah salah satu genre film yang paling digandrungi banyak penonton. Meskipun film horor selalu bikin bulu kuduk merinding, namun hal tersebut dijadikan sebuah hiburan yang menyenangkan.

Nah, buat kamu penggemar film horor, SukaSinema mempunyai daftar 13 film horor terbaik dan terseram sepanjang masa. Berikut 13 film horor terbaik dan terseram sepanjang masa.

1. The Exorcist (1973)

The Exorcist merupakan film horor pertama yang berhasil masuk ke dalam nominasi Oscar. Film ini menceritakan tentang kejadian yang dialami seorang gadis berumur 12 tahun yang bernama Regan MacNeil. Setelah perceraian orang tuanya, Regan tiba-tiba menjadi bertingkah aneh dan membuat ibunya kebingungan dengan sikapnya.

Awalnya Regan sempat disangka mengalami trauma karena perceraian orang tuanya oleh sang ibu hingga ia dibawa ke dokter hingga pskiater. Namun, tidak ada satu dokter pun yang bisa mengembalikan keadaan Regan. Ia malah menjadi lebih parah, suaranya berubah menjadi laki-laki dan terjadi fenomena poltergeist di kamarnya. Karena para dokter sudah putus asa dan angkat tangan, akhirnya ibunya disarankan oleh para dokter untuk memanggil pastur.

Setelah mendatangkan pastur, terungkap bahwa Regan kerasukan iblis jahat. Sebelum kerasukan, Regan sempat bermain papan ouija (alat untuk memanggil arwah), itulah sebabnya mengapa ia kerasukan.

Adegan saat pastur melakukan pengusiran iblis di dalam tubuh Regan merupakan adegan yang penuh kengerian bagi siapa saja yang menontonnya.

(Dibintangi oleh Linda Blair, Max von Sydow, Ellen Burstyn, Jason Miller)

2. The Conjuring (2013)

Film ini yang diangkat dari kisah nyata ini mengisahkan tentang keluarga Peron yang mengalami kejadian mistis saat mereka pindah ke rumah mereka yang baru. Karena merasa sangat terganggu dengan kehadiran makhluk halus di rumah mereka, keluarga Peron meminta bantuan dari pasangan suami istri yang bekerja sebagai paranormal, yakni Lorraine dan Ed Warren.

Penonton dibuat takut dan merasa berempati kepada keluarga Peron di film ini, karena seolah-olah tidak ada yang dapat membantu keluarga Peron dari gangguan makhluk halus yang mereka alami di rumah tersebut.

(Dibintangi oleh Vera Farmiga, Patrick Wilson, Joey King, Lili Taylor)

3. Get Out (2017)

Get Out merupakan film horor yang bercerita tentang sepasang kekasih yang berbeda ras, yakni Chris, yang berkulit hitam dan Rose yang berkulit putih. Awalnya hubungan mereka baik-baik saja, namun setelah Chris mengunjungi di rumah Rose, malapetaka muncul di rumah tersebut. Kabarnya rumah tersebut telah dikutuk untuk orang berkulit hitam.

Dulunya orang tua Rose ternyata pernah memiliki masalah dengan orang berkulit hitam di masa lalu, dan hal tersebutlah yang menjadi awal munculnya kutukan tersebut.

Kunjungan Chris ke rumah Rose menjadi sebuah kunjungan yang membuat Chris tidak ingin kembali lagi ke sana. Karena banyak sekali kejadian buruk seperti teror mistis yang menghantuinya. Setelah itu hubungan Chris dan Rose memburuk setelah Chris mengetahui apa yang telah dilakukan oleh Rose dan keluarganya.

(Dibintangi oleh Daniel Kaluuya, Allison Williams, Bradley Whitford, Catherine Keener)

4. Shutter (2004)

Shutter merupakan film horor asal Thailand yang bisa membuat kamu ketakutan. Film ini mengisahkan tentang seorang pria yang bekerja sebagai fotografer bernama Tun dan kekasihnya bernama Jane yang menabrak seorang wanita di tengah jalan saat mengendarai mobil. Karena takut tertangkap, mereka akhirnya kabur dari lokasi.

Setelah kejadian itu, Tun dihantui oleh sosok mengerikan di dalam setiap jepretan kameranya. Awalnya, setiap foto yang ia jepret selalu berbayang dan terdapat kilasan putih. Suatu ketika ia mendapati kameranya memotret dirinya sendiri dan Tun kaget bukan main melihat sosok wanita yang ada di foto tersebut.

Penonton akan dibuat cemas dan ketakutan di sepanjang film karena mereka juga dapat merasakan kecemasan dan ketakutan yang dirasakan oleh Tun saat menghadapi kejadian-kejadian aneh.

(Dibintangi oleh Ananda Everingham, Natthaweeranuch Thongmee, Feawfao Sudswingringo, Unnop Chanpaibool)

5. Insidious (2011)

Insidious berkisah tentang seorang anak laki-laki bernama Dalton yang tidak mau bangun dari tidur dan mengalami koma selama tiga bulan. Setelah Dalton mengalami koma, ibunya Dalton yang bernama Renai mengalami kejadian aneh, seperti ada suara-suara aneh dari alat pemantau bayi, cetakan tangan berdarah di alas tidur Dalton, dan penampakan seorang pria yang menyeramkan di kamar tidur bayi.

Setelah kejadian tersebut, Renai menceritakannya kepada Josh, suaminya namun ia tidak begitu menghiraukannya. Namun, ibunya Josh meyakinkan Josh bahwa apa yang diceritakan Renai benar-benar nyata dan ia menyarankan untuk memanggil paranormal yang sudah ia kenal lama bernama Elise.

Tiap adegan dipenuhi dengan kengerian yang tidak terduga dengan didukung efek suara yang mencekam, membuat penonton kaget dan ketakutan.

(Dibintangi oleh Lin Shaye, Leigh Whannell, Rose Byrne, Patrick Wilson)

6. The Ring (2002)

The Ring merupakan film remake Hollywood dari film horor asal Jepang berjudul Ringu. Film yang diadapatasi dari novel ini menceritakan tentang seorang jurnalis bernama Rachel Keller yang sedang melakukan penyelidikan pada sebuah kaset video yang berisi video aneh yang diduga dapat menyebabkan kematian bagi siapapun yang menontonnya.

Rachel mendapati keponakannya tewas setelah menonton video aneh tersebut. Karena penasaran akhrinya Rachel memutuskan untuk menonton video tersebut, setelah ia menonton video tersebut, ia mendapatkan telepon misterius dari seorang anak kecil yang mengatakan “tujuh hari”. Maksud dari telepon tersebut adalah Rachel hanya memiliki sisa hidup selama tujuh hari.

Adegan sosok hantu yang keluar di layar televisi menjadi sebuah adegan yang mengerikan dan akan membuat siapapun yang menontonnya terus teringat dengan adegan tersebut.

(Dibintangi oleh Naomi Watts, Daveigh Chase, David Dorfman, Martin Henderson)

7. Satan’s Slaves/Pengabdi Setan (2017)

Satan’s Slaves atau lebih dengan judul Pengabdi Setan merupakan film horor yang rilis tahun 2017 lalu karya sutradara terkenal Indonesia, yakni Joko Anwar. Film ini sendiri merupakan reboot dari film yang berjudul sama.

Film ini berkisah tentang keluarga Rini yang mulai kehabisan uang karena harus membiayai pengobatan ibu yang mengalami sakit aneh. Setelah terbaring lemah selama tiga tahun, ibu akhrinya meninggal dunia.

Namun, kejadian aneh menimpa keluarga Rini setelah kematian ibu. Adik-adik Rini selalu merasa ketakutan dan mengira bahwa ibu hidup kembali dari kubur untuk menjemput mereka.

Kejadian yang penuh misteri tersebut menuntun Rini kembali ke kisah ibunya di masa lalu. Satu per satu akhrinya terungkap apa yang sebenarnya terjadi.

Kengerian yang dimunculkan pada beberapa adegan di film ini bisa membuat penonton bergidik dan berteriak ketakutan.

(Dibintangi oleh Tara Basro, Ayu Laksmi, Bront Palarae, Endy Arfian)

8. IT (2017)

IT merupakan film yang digarap berdasarkan novel karya Stephen King. Film inilah yang menjadi salah satu penyebab anak-anak takut sama Badut.

Film ini bercerita tentang sekelompok anak yang memiliki panggilan “Losers” sedang menyelidiki dan mencoba mengungkap misteri hilangnya anak-anak dikota mereka, kota Derry, Maine. Dari hasil penyelidikan tersebut terungkap bahwa pelaku dari kejadian misterius tersebut adalah seorang badut menyeramkan bernama Pennywise.

IT menyajikan kisah horor yang berbeda dengan film horor lain yang membangun ketegangan melalui adegan, sedangkan film IT membangun karakter yang biasa dikenal tampak lucu dan mengocok perut menjadi karakter yang mengerikan.

(Dibintangi oleh Bill Skarsgård, Finn Wolfhard, Sophia Lillis, Jaeden Lieberher)

9. The Shining (1980)

Film yang diadaptasi dari novel Stephen King ini mengisahkan tentang Jack Torrance yang baru saja mendapatkan pekerjaan sebaagi penjaga di sebuah hotel bernama Overlook selama musim dingin. Sebelum Jack menerima pekerjaan tersebut, ia sempat diperingatkan oleh pemilik hotel bahwa di hotelnya pernah ada seorang penjaga bernama Grady yang pernah membantai keluarganya sendiri saat tinggal di hotel selama musim dingin dikarenakan stres akibat terisolasi dari dunia luar.

Namun, Jack tidak menghiraukan peringatan dari pemilik hotel tersebut dan tetap menerima pekerjaan itu dan ia mengajak istrinya yang bernama Wendy dan anak laki-lakinya, Danny untuk tinggal di sana selama beberapa bulan.

Awalnya semua berjalan baik-baik saja, namun lama-kelamaan Jack mulai merasa depresi akibat musim dingin yang membuat mereka terisolir. Tidak hanya itu, Danny juga ketakutan saat berada di hotel tersebut karena ia melihat beberapa penampakan hantu di hotel itu. Setelah itu, Jack pun akhirnya juga ikut melihat apa yang dilihat Danny.

Penonton akan merasakan kengerian yang dialami Jack dan keluarganya saat mereka tinggal di hotel yang angker tersebut. Film ini mungkin akan membuat sebagian penonton takut untuk tinggal sendirian di Hotel.

(Dibintangi oleh Jack Nicholson, Shelley Duvall, Danny Lloyd, Scatman Crothers)

10. Lights Out (2016)

Lights Out mengisahkan tentang seorang remaja perempuan bernama Rebecca yang tiba-tiba mengalami kejadian aneh. Saat ia mematikan lampu, ia selalu melihat sosok wanita yang menyeramkan, namun ketika lampu dinyalakan, sosok wanita menyeramkan tersebut tidak ada atau menghilang, ketika ia mencoba mematikan lampu kembali, ia kembali melihat sosok itu dan begitu seterusnya.

Setelah mengalami kejadian yang membuat ia bingung dan ketakutan tesebut, akhirnya ia mengetahui bahwa kejadian misterius yang ia alami tersebut ada hubungannya dengan masa lalu ibunya.

Film ini akan membuat siapa saja yang menontonnya takut untuk mematikan lampu saat malam hari. Karena mereka pasti membayangkan adegan sosok wanita menyeramkan yang selalu muncul ketika lampu dimatikan.

(Dibintangi oleh Teresa Palmer, Maria Bello, Gabriel Bateman, Alexander DiPersia)

11. The Babadook (2014)

The Babadook bercerita tentang kehadiran sesosok misterius yang tiba-tiba hadir di kehidupan Amelia dan anaknya, Samuel. Kejadian itu bermula ketika pada suatu malam Amelia sedang membacakan sebauh buku dongeng berjudul Mister Babadook untuk Samuel. Sejak saat itu, Babadook yang ada di dalam buku dongeng mulai menghantui mereka.

Dengan nuansa gelap dan akting kedua karakter utamanya, penonton sudah dibuat ketakutan, tanpa harus melibatkan sosok hantu.

(Dibintangi oleh Essie Davis, Noah Wiseman, Daniel Henshall, Hayley McElhinney)

12. Psycho (1960)

Pyscho mengisahkan tentang seorang wanita bernama Marion Crane yang bekerja sebagai karyawati suatu perusahaan. Ia memiliki kekasih seorang pekerja wiraswasta bernama Sam Loomis, ia harus membayar hutang-hutang ayahnya yang sudah meninggal. Alasan tersebutlah yang membuat Sam tidak segera menikahi Marion.

Suatu hari Marion diberi kepercayaan oleh perusahaannya untuk menyerahkan uang $40.000 ke bank. Namun, Marion justru malah membawa kabur uang tersebut karena ia tergiur dengan jumlah uang yang ia pegang. Dalam perjalanan, Marion memutuskan untuk menginap di sebuah motel.

Lila Crane, kakak dari Marion merasa cemas karena Marion tidak ada kabar sama sekali setelah ia tahu bahwa adiknya itu mencuri uang milik perusahaan. Lila kemudian meminta bantuan Sam bersama seorang detektif bernama Milton Arbogast untuk melacak keberadaan Marion.

Arboast memutuskan untuk melakukan penyelidikan ke sebuah motel milik Norman Bates. Ia meyakini bahwa Marion pernah menginap di mote tersebut dengan memberikan berbagai pertanyaan kepada Norman yang selama ini ternyata tinggal bersama ibunya. Namun, ketika Arbogast ingin menemui ibu Norman tiba-tiba ia diserang oleh seorang wania yang misterius.

Adegan saat Marion dibunuh oleh seseorang saat ia sedang mandi merupakan adegan paling memorable dan mungkin bisa membuat para penontonnya takut untuk pergi ke kamar mandi.

(Dibintangi oleh Anthony Perkins, Janet Leigh, Vera Miles, John Gavin)

13. The Others (2001)

The Others bercerita tentang seorang ibu bernama Grace Stewart yang baru saja tinggal di sebuah rumah besar di daerah terpencil bersama kedua anaknya bernama Anne Stewart dan Nicholas Stewart yang mengidap kelainan Photosensitivity (sesnstif terhadap cahaya).

Namun, setelah kedatangan tiga orang pembantu di rumahnya, Grace dan anak-anaknya mulai diganggu dengan hal-hal aneh dan misterius di rumahnya. Mulai dari suara langkah kaki misterius, bunyi piano di ruangan musik yang terkunci, dan penampakan hantu di rumah mereka. Dengan kejadian tersebut, Grace berusaha memecahkan misteri tentang peristiwa mistis yang dialaminya tersebut.

The Others merupakan film gothic horror yang tidak banyak mengandalkan jumpscare, namun lebih kepada efek pencahayaan dan atmosfir lewat sinematografi yang ciamik, ditambah dengan penuturan cerita yang menarik dan penuh teka-teki.

(Dibintangi oleh Nicole Kidman, Alakina Mann, Fionnula Flanagan, James Bentley)

Itulah 13 film horor terbaik dan terseram sepanjang masa versi SukaSinema. Jika kamu memiliki daftar sendiri tentang film horor terbaik dan terseram sepanjang masa, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending

Topik

To Top