Connect with us

SukaSinema

Hampir Seluruh Adegan Di ‘Avengers: Infinity War’ Menggunakan Efek Visual

Film

Hampir Seluruh Adegan Di ‘Avengers: Infinity War’ Menggunakan Efek Visual

Hampir Seluruh Adegan Di ‘Avengers: Infinity War’ Menggunakan Efek Visual

Avengers: Infinity War garapan Joe dan Anthony Russo bukan hanya sekedar film besar yang dengan kisah yang luar biasa. Dengan menyatukan lebih dari 20 karakter utama dalam Marvel Cinematic Universe, film ini juga berhasil melalui pencapaian efek visual yang luar biasa. Penggambaran Thanos, dihidupkan oleh performa gerakan Josh Brolin yang ditangkap, sudah bisa dibilang revolusioner sendirinya. Film ini juga sebuah blockbuster yang membawa para penonton berkeliling alam semesta dari Greenwich Village, hamparan Wakanda, hingga luar angkasa.

Avengers: Infinity War adalah sebuah pekerjaan yang membutuhkan usaha besar dan kerja keras dalam pembuatannya. Hal ini sangat penting terutama di tahap post-produksi yang dikerjakan oleh para seniman. CinemaBlend pun baru saja mengungkapkan informasi dari Pengawas Efek Visual Dan DeLeeuw bahwa hanya ada 80 adegan di Avengers: Infinity War yang tidak menggunakan CGI.

“Yang terjadi adalah kedua bersaudara Russo akan mengerjakan filmnya bersama Jeff Ford, penyunting kami,” jelas Dan DeLeeuw. “Lalu kemudian kami akan bekerja pada akhir pekannya dan kemudian kami akan menyisir filmnya dan melihat apa yang telah mereka lakukan, dan melihat apa yang telah diubah, dan apa yang belum.”

“Maka saat melakukan penyisirannya, jika kami menemukan adegan yang belum memiliki nomornya – karena jika ada angka berarti ada efek visual di dalamnya – jika Anda menemukan adegan dan tidak ada nomornya, Anda akan semacam memeriksanya dan memastikan bahwa tidak ada efek. Lalu kami seperti  bersorak ‘Iya!’ Kami sempat bersorak sekitar 80 kali. 80 dibandingkan… ya, ada 2,623 adegan dengan efek visual di film ini.”

Jika Anda berusaha untuk menghitung ada berapa banyak bagian film tersebut yang menggunakan efek visual, jawabannya adalah 97%. 97% dari Avengers: Infinity War yang berdurasi hingga dua jam empat puluh menit memiliki efek visual di dalamnya. Sungguh sebuah jumlah efek visual yang luar biasa dan terdengar melelahkan.

Tidak Banyak Adegan Tanpa Elemen CGI

CinemaBlend sempat mendapatkan kesempatan untuk berbincang mengenai pembuatan Avengers: Infinity War baru-baru ini. Tidak hanya berkesempatan berbicara dengan sang Pengawas Efek Visual, Dan DeLeeuw. Namun juga kepada Joe dan Anthony Russo, dan Russell Earl serta Kelly Port yang juga bertindak sebagai pengawas efek visual film ini.

Salah satu tujuan wawancaranya adalah untuk mengerti seberapa luas dan seberapa banyak pekerjaan yang dilakukan oleh para timnya dalam pembuatan film. Ketika ditanyakan mengenai bahan apa yang ada di dalam film tersebut yang tidak memiliki elemen CGI, jawaban singkat dari pertanyaan tersebut adalah “tidak banyak.”

Meskipun terdengar ekstrim, rasio tersebut pada saat bersamaan tidak terlalu mengejutkan juga. Karena film ini penuh dengan karakter-karakter yang memang harus menggunakan efek visual untuk dihidupkan ke layar lebar. Seperti beberapa contohnya adalah Thanos, Rocket, Groot, Ebony Maw, Proxima Midnight, Corvus Glaive, Cull Obsidian, Eitri, dan Hulk. Akan tetapi, itu saja baru untuk adegan-adegan yang memiliki karakter-karakter tersebut di dalamnya. Belum lagi adegan yang berlatar belakang di planet lain yang membutuhkan hasil sulap visual dari Industrial Light and Magic, Digital Domain, dan Weta Digital. Bahkan detail yang paling kecil pun di dalam film ini membutuhkan bantuan mereka.

Contoh yang sempurna sepertinya bisa dilihat ketika Joe Russo tengah mencari contoh adegan yang tidak menggunakan CGI. Ia memberikan contoh dari salah satu adegan pertama Scarlet Witch ketika ia sedang berada di tempat tidur di sebuah kamar hotel di Edinburgh, Skotlandia. Namun kemudian Dan DeLeeuw menunjukan bahwa bahkan adegan tersebut membutuhkan efek visual. Hal tersebut karena sorotan kamera yang lebar memperlihatkan sebuah tongkat produksi di cerminan jendela hotelnya, dan tentu saja harus dihapus secara digital.

Pentingnya Efek Visual Avengers: Infinity War

Jelas tidak berlebihan untuk menunjukan betapa pentingnya efek visual yang ada dalam Avengers: Infinity War. Keunikan situasi film tersebut adalah salah satu hal yang ditekankan oleh Dan DeLeeuw. Ia mengakui bahwa terkadang nomor-nomor yang dibicarakan sebelumnya dalam sebuah film blockbuster bisa dibuat berlebihan. Namun bukan seperti itu kasusnya dengan film Marvel satu ini.

“Itulah dia perbedaan film ini,” ujar Dan DeLeeuw. “Karena seringkali dengan angka-angka tersebut, Anda bisa semacam menaikkan angkanya. Namun film ini bukan main-main. Semua adegan tersebut adalah adegan sungguhan. Itu bukan hanya hal kecil. Ada banyak sekali adegan yang sangat rumit.”

Sesuai dengan kerja keras yang telah diberikan, Avengers: Infinity War mendapatkan nominasi Oscars tahun ini dalam kategori Best Achievement in Visual Effects. Dan DeLeeuw, Kelly Port, Russell Earl, dan Daniel Sudick adalah penerima nominasi tersebut. Melihat bagaimana Marvel mendapatkan beberapa nominasi lain dengan filmnya yang berbeda seperti Black Panther, rasanya Oscars tahun ini akan menarik untuk disaksikan. Hasil ajang penghargaan ini akan terbuka pada waktunya tanggal 24 Februari nanti.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending

Topik

To Top