Connect with us

SukaSinema

‘Si Manis Jembatan Ancol’ Terlihat Memiliki Penampilan Baru Bergaun Merah

Film

‘Si Manis Jembatan Ancol’ Terlihat Memiliki Penampilan Baru Bergaun Merah

‘Si Manis Jembatan Ancol’ Terlihat Memiliki Penampilan Baru Bergaun Merah

Trailer dan poster film untuk Si Manis Jembatan Ancol tahun 2019 ini telah diluncurkan. Akan tetapi, gambaran pertama dari film ini jusru menuai pertanyaan akibat sang karakter legendaris memiliki penampilan baru dengan mengenakan gaun merah.

Untuk para penonton yang hidup di tahun 1990-an pasti akan mengingat karakter Si Manis Jembatan Ancol yang diperankan oleh Diah Permatasari dan Kiki Fatmala. Dalam peran kedua aktris tersebut, Si Manis diperlihatkan mengenakan gaun berwarna putih yang ketat dan pendek. Dapat dibilang bahwa pada era itu, tokoh mistis ini terlihat seksi dengan rambut panjang yang digerai ditambah dengan syal putih yang melingkar di lehernya. Terkadang juga, syal tersebut digunakan sebagai penutup kepalanya. Akan tetapi, mengapa Si Manis Jembatan Ancol berpenampilan beda dalam film kali ini?

Anggy Umbara, sutradara film Si Manis Jembatan Ancol, mengatakan bahwa ia ingin menghapus asumsi masyarakat bahwa sang karakter identik dengan keseksiannya. Ia justru ingin mengingatkan penonton bahwa yang benar adalah sang karakter justru identik dengan baju merah. Hal ini merujuk pada penokohan Si Manis pada filmnya yang pertama kali dirilis pada tahun 1973.

“Bahwa aslinya tuh enggak kayak gitu,” jelas Anggy Umbara. “Aslinya Si Manis pakai kerudung dan orang baik-baik. Bukan yang seksi dan memperlihatkan aurat gitu. Sebenarnya tahun 1973, tuh dia ke mana-mana pakai kerudung dan pakai baju atau kebaya merah.”

“Masyarakat Betawi juga khawatir karena Si Manis Jembatan Ancol yang asli jadi tercoreng,”  lanjut sang sutradara. “Gara-gara Si Manis identik dengan seksi-seksian di pinggir jalan. Ada suara dari masyarakat Betawi khususnya daerah Ancol dan Pademangan. Saya menjawab kegelisahan mereka dengan mengajak kembali ke era 1973.”

Sebelumnya, tokoh Si Manis juga sudah pernah diperlihatkan menggunakan gaun merah pada tahun 2017 di layar kaca. “Sebenarnya kalau dilihat sinetron yang terbaru tahun 2017 Si Manis mengenakan gaun merah,” ujar Anggy Umbara dalam sebuah wawancara bersama Liputan6.

Film Si Manis Jembatan Ancol dibintangi oleh Indah Permatasari sebagai Si Manis dan aktor Arifin Putra. Film ini diproduksi oleh MVP Pictures dan Umbara Brother Films. “Dengan kembali ke era 1973, semoga masyarakat bisa menerima Si Manis lebih utuh,” tutup sang sutradara.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recent Posts

Advertisement

Trending

Topik

To Top