Connect with us

SukaSinema

8 Film Ini Seharusnya Mendapatkan Nominasi-Nominasi Berikut Di Oscar 2019!

Film

8 Film Ini Seharusnya Mendapatkan Nominasi-Nominasi Berikut Di Oscar 2019!

8 Film Ini Seharusnya Mendapatkan Nominasi-Nominasi Berikut Di Oscar 2019!

Sebelum nominasi Oscar diumumkan beberapa hari yang lalu, sepertinya banyak orang mengira mereka sudah tahu apa yang akan diumumkan. Memang sebagian besar nominasi yang dikeluarkan sesuai dengan ekspektasi yang ada. A Star Is Born mendapatkan nominasi untuk kategori akting dan musik. Roma mendapatkan nominasi Film Terbaik, begitu juga sang sutradara Alfonso Cuaron. Akan tetapi, terdapat beberapa nama yang sudah dikira akan ada namun ternyata tidak mendapatkan nominasi.

Memang biasanya terdapat beberapa nominasi yang tidak diduga. Hal tersebut pun menyebabkan hilangnya beberapa nama dari daftar akhirnya. Akan tetapi, daftar nama yang tidak ada di tahun ini rasanya bahkan lebih mengejutkan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Berikut ini adalah beberapa film dan pekerja film yang dilupakan sepenuhnya oleh Oscar tahun ini.

A Star Is Born – Sutradara Terbaik

A Star Is Born sejak awal diperkirakan akan ikut berkompetisi dalam beberapa kategori dan kenyataannya memang benar. Film ini berhasil mendapatkan nominasi akting sebanyak 3 dari 4 kategori akting. Selain itu, film ini juga mendapatkan nominasi dalam tata suara dan sinematografi, dan juga Naskah Adaptasi Terbaik.

Anehnya adalah, ada satu nominasi yang hilang dalam daftarnya, yaitu nominasi Bradley Cooper sebagai Sutradara Terbaik. Meskipun film ini adalah karya penyutradaraan Bradley Cooper yang pertama kalinya, banyak orang yang mengira ia akan mendapatkan nominasi. Beberapa aktor yang berpindah haluan menjadi sutradara sempat mendapatkan penghargaan dari Oscar (Kevin Costner dan Mel Gibson contohnya). Akan tetapi tahun ini, perpindahan tersebut bahkan tidak layak mendapatkan nominasi. Melihat film ini berhasil memasuki beberapa nominasi lainnya, rasanya aneh jika orang yang memimpin proyek ini tidak mendapatkan nominasi.

Mary Poppins Returns – Aktris Terbaik / Film Terbaik

Meskipun kategori nominasi Aktris Terbaik sudah penuh dengan beberapa nama yang pantas mendapatkannya, ada beberapa nominasi yang tak terduga. Itu juga artinya bahwa beberapa nama yang dikira akan masuk ternyata berakhir tidak muncul dalam daftar nominasinya.

Rasanya ada kesalahan besar yang dilakukan ketika Emily Blunt tidak mendapatkan nominasi untuk performanya di Mary Poppins Returns. Banyak yang merasa bahwa Mary Poppins Returns adalah lanjutan yang bagus dari film aslinya. Karena film aslinya juga membuahkan Julie Andrews piala Oscar, banyak yang mengira film sekuel ini akan membawa Emily Blunt ke dalam nominasi.
Film Mary Poppins Returns juga rasanya tertinggal dalam jajaran nominasi Film Terbaik. Emily Blunt juga seperti terlewatkan performanya di A Quiet Place. Padahal beberapa orang memprediksi bahwa sang aktris bisa mendapatkan nominasi dari kedua film tersebut.

Eighth Grade

Film Eighth Grade karya Bo Burnham mendapatkan 237 ulasan di Rotten Tomatoes, hanya tiga di antaranya yang memberikan penilaian negatif. Film ini adalah salah satu film yang disukai semua orang tahun lalu. Film ini memiliki salah satu performa paling kuat dari seorang aktris yang baru berumur 15 tahun. Akan tetapi, entah kenapa, film ini tidak mendapatkan nominasi sama sekali di Oscar tahun ini.

Tidak ada nominasi akting untuk Elsie Fisher. Tidak ada nominasi sutradara atau penulisan untuk Bo Burnham. Tidak ada nominasi Film Terbaik. Rasanya seperti semua orang menyukai film ini kecuali orang-orang yang memilih nominasi Oscar. Rasanya seperti ajang penghargaan ini lupa begitu saja bahwa film ini ada. Padahal rasanya sulit untuk melupakannya jika Anda sudah menontonnya.

If Beale Street Could Talk – Sutradara Terbaik / Sinematografi Terbaik / Film Terbaik

If Beale Street Could Talk berhasil mendapatkan tiga nominasi Oscar. Naskah dan musiknya berhasil mendapatkan nominasi, begitu juga salah satu aktrisnys, Regina King, yang mendapatkan nominasi Pemeran Pembantu Perempuan Terbaik. Akan tetapi, rasanya film ini seharusnya masuk ke dalam dua nominasi lainnya.
Barry Jenkins mendapatkan nominasi untuk naskahnya, namun tidak untuk kemampuannya sebagai sutradara. Dalam nominasi lain yang juga berhubungan, If Beale Street Could Talk juga tidak mendapatkan nominasi Film Terbaik. Satu lagi nominasi yang tidak didapatkan adalah kategori sinematografi. Padahal selama musim penghargaan ini, sinematografi If Beale Street Could Talk mendapatkan banyak pujian.

Won’t You Be My Neighbor? – Film Dokumenter

Film dokumenter biasanya bukan kategori nominasi yang menjadi perhatian banyak orang. Akan tetapi tahun ini, jika Anda mengikuti perkembangannya, nominasi satu ini justru menjadi sorotan banyak orang karena ada satu film yang tidak berhasil masuk ke dalam nominasinya. Won’t You Be My Neighbor adalah sebuah dokumenter mengenai pembawa acara anak-anak Fred Rogers.

Dokumenter ini mendapatkan ulasan positif yang mendunia dan menjadi film dokumenter yang paling ditonton dalam beberapa tahun ini. Namun entah kenapa, film ini tidak mendapatkan nominasi. Mengingat juga bahwa film ini adalah dokumenter, artinya film ini hanya memiliki kesempatan dalam nominasi Film Dokumenter. Sayangnya, film ini bahkan tidak mendapatkannya.

Crazy Rich Asians

Crazy Rich Asians telah meraih banyak hal sejak pertama kali dibuat. Ini adalah film pertama dalam beberapa tahun lamanya di Hollywood yang mana para pemainnya penuh orang Asia. Ini adalah salah satu film komedi romantis terbaik yang dibuat baru-baru ini. Ditambah lagi, film ini sangat sukses di bioskop.

Film ini telah mendapatkan beberapa pertimbangan dari ajang penghargaan lainnya. Maka sepertinya memungkinkan jika Academy of Motion Picture Arts & Sciences akan mengakui film ini juga di suatu nominasi. Akan tetapi, ternyata sepanjang pengumuman lengkap nominasi Oscar, judul film ini tidak disebutkan sama sekali.

First Man – Aktris Pembantu Terbaik / Musik Terbaik / Film Terbaik

First Man belum mendapatkan pujian dari khalayak dan para kritikus seperti film-film Damian Chazelle lainnya. Akan tetapi, film ini telah berkompetisi cukup baik pada musim penghargaan. Justin Hurwitz berhasil menyabet piala Golden Globe untuk musik film ini. Namun di pengumuman nominasi Oscar, film ini bahkan tidak memasuki nominasi musik.

Di kasus yang sama, performa dari Claire Foy, yang mana beberapa orang melihatnya sebagai bagian terkuat First Man, tidak diberikan nominasi juga. Rasanya juga nominasi Film Terbaik bisa didapatkan oleh film ini, maka ketika judulnya tidak disebutkan rasanya cukup mengejutkan. Meski begitu, First Man berhasil meraih beberapa nominasi di bagian teknis.

First Reformed – Aktor Terbaik

First Reformed sebenarnya memang sebuah film bagus yang tidak terlalu disorot sepanjang tahun lalu. Mungkin hal tersebut disebabkan oleh perilisannya di bulan Mei, bukan di musim gugur seperti film yang ingin berlomba lainnya. Akan tetapi, film ini berhasil mendapatkan posisi di dalam daftar 10 film terbaik 2018 milik beberapa kritik. Salah satu alasan besar film ini bagus adalah karena performa Ethan Hawke yang luar biasa.

Ethan Hawke sebelumnya sudah pernah mendapatkan nominasi Academy Award namun belum pernah memenangkannya. Performa yang ia berikan, meskipun sepertinya tidak banyak orang yang tahu, memang sangat bagus di film ini. Meski begitu, First Reformed tidak dilupakan sepenuhnya. Film ini berhasil meraih nominasi di kategori Skenario Asli Terbaik.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recent Posts

Advertisement

Trending

Topik

To Top