Connect with us

SukaSinema

Daftar 10 Film yang Diadaptasi dari Game

Film

Daftar 10 Film yang Diadaptasi dari Game

Daftar 10 Film yang Diadaptasi dari Game

Mengadaptasi game ke layar lebar memang tidaklah mudah, terlebih lagi penonton tentunya memiliki ekspektasi film-nya harus bagus atau paling tidak sesuai dengan game-nya. Namun, tak sedikit film yang diadaptasi dari game yang dinilai buruk dan tidak sesuai ekspektasi.

Berbagai film adaptasi dari game sudah banyak bermunculan, sebut saja Silent Hill, Resident Evil, Detective Pikachu, dan yang terbaru Sonic the Hedgehog yang akan rilis Februari 2020 mendatang.

Berikut daftar 10 film yang diadaptasi dari game.

1. Silent Hill

Game psychological horror besutan Konami ini bisa dibilang termasuk game yang sukses dengan genre yang diusungnya. Tak heran jika game tersebut diangkat ke layar lebar dan cukup dinikmati penggemar.

Film Silent Hill mengisahkan tentang Sharon (jika di gamenya bernama Cheryl) yang suka mengigau menyebut nama Silent Hill, yakni nama sebuah kota mati yang terletak di West Virginia. Hal tersebut membuat ibu angkat Sharon, Rose Da Silva (karakter yang tidak ada di dalam gamenya) menuju kota tersebut bersama Sharon.

Mengetahui Rose dan Sharon pergi ke kota mati tersebut tanpa ijin, ayah angkat Sharon, Chris Da Silva (jika di gamenya bernama Harry Mason) menuju kota Silent Hill untuk menyusul mereka.

Film Silent Hill ini sendiri kurang lebih sama dengan gamenya, hanya saja ada sedikit perbedaan karakter dan cerita.

2. Resident Evil

Resident Evil merupakan film yang diangkat dari game survival horror dengan judul sama yang karakter utamanya, Alice tidak ada di dalam gamenya.

Berkisah tentang virus yang dicuri dari fasilitas bawah tanah bernama The Hive. Virus tersebut mengubah para pekerja di sana menjadi zombie.

Sebuah server komputer bernama ‘Red Queen’ telah mengambil alih dan menutup dasar the Hive untuk pencegahan infeksi.

Perusahaan induk akhirnya mengirim sebuah unit elit militer dalam situasi tersebut dan di sanalah mereka bertemu dengan Alice yang mengalami amnesia akibat gas saraf.

Resident Evil menghadirkan banyak sekuel yang mengusung cerita cukup berbeda dengan gamenya dan karakter-karakter game Resident Evil yang muncul di dalam filmnya kebanyakan hanya sebagai karakter pendukung saja.

3. Mortal Kombat

Mortal Kombat merupakan game fighting populer pada jamannya. Game yang lahir di era 1990-an ini diadaptasi ke layar lebar dengan judul sama.

Berkisah tentang Liu Kang yang terpilih sebagai petarung di sebuah turnamen yang diikuti oleh para petarung dari pelosok dunia. Liu Kang memiliki ambisi untuk bisa memenangkan pertarungan karena ia ingin membalas dendam kepada Shang Tsung atas kematian adiknya.

Di turnamen tersebut Liu Kang bertemu dengan para petarung lainnya, yakni Sonya Blade dan Johnny Cage. Mereka bertiga pun dimentori oleh Raiden untuk bisa bertahan di turnamen tersebut.

Mortal Kombat merupakan salah satu film yang diadpatasi dari game yang sukses dan bahkan film reboot-nya saat ini sedang dibuat dengan menghadirkan aktor Indonesia ternama, Joe Taslim sebagai Sub-Zero.

4. Lara Croft: Tomb Raider

Lara Croft: Tomb Raider meruapakan film adaptasi dari game Tomb Raider yang dirilis pada tahun 2001. Meskipun film ini tidak memiliki rating yang baik, setidaknya kita masih terhibur dengan para pemerannya.

Berkisah tentang seorang perempuan bernama Lara Croft yang terpukul atas kematian ayahnya yang seorang arkeolog. Setelah kematian ayahnya, ia mulai terobsesi untuk menjadi arkeolog seperti ayahnya.

Ia kemudian bertualang dengan mencari barang-barang kuno dan bersejarah untuk dikoleksi. Namun, suatu ketika muncul seorang ketua kelompok illuminati bernama Manfred Powell yang mendapatkan sebuah artefak dengan kekuatan besar yang dapat mengendalikan waktu.

Artefak tersebut ternyata hanya bisa dibuka dengan menggunakan kunci dan kunci tersebut ternyata ada di tangan Lara Croft. Mengetahui bahwa Lara Croft memiliki kunci yang diinginkannya, Powell kemudian berniat mencuri kunci tersebut agar ia bisa mengendalikan waktu

Meskipun film Lara Croft: Tomb Raider tidak terlalu sukses, selang 17 tahun akhirnya muncul film Tomb Raider reboot yang mendapatkan sambutan cukup baik dari para penggemarnya.

5. Hitman: Agent 47

Hitman: Agen 47 merupakan film berdasarkan video game yang mengisahkan tentang pembunuh elite yang tercipta dari eksperimen kloning dan rekayasa genetik. Eksperimen ini dilakukan oleh Dr. Litvenko yang berhasil menjadikan Agen 47 sebagai pembunuh bayaran yang sempurna, ia memiliki kekayaan, kecepatan, stamina, dan kecerdasan melebihi manusia normal.

Agen 47 dan Dr. Litvenko bekerja untuk organisasi internasional non-pemerintah. Organisasi tersebut terbentuk dengan tujuan untuk membunuh orang-orang penting di suatu negara. Namun, keberhasilan ciptaan Agen 47, membuat suatu kelompok ingin mencuri rahasia pembuatannya dengan cara mengkap Agen 47 atau Dr. Litvenko.

6. POKÉMON Detective Pikachu

POKÉMON Detective Pikachu merupakan film adaptasi game yang menghadirkan salah satu Pokemon yang berwujud mirip tikus berwarna kuning, Pikachu sebagai karakter utamanya. Dalam film ini, Pikachu hadir dalam dunia nyata.

Menceritakan tentang sebuah kota bernama Ryme City yang memungkinkan manusia untuk hidup berdampingan dengan berbagai jenis Pokemon. Namun, hal tersebut tidak berlakuk bagi Tim Goodman, yang memilih tidak hidup berdampingan dengan Pokemon, ia justru lebih banyak menghabiskan waktunya untuk mengungkap kematian ayahnya.

Kemudian, muncul seekor Pokemon bernama Pikachu yang entah datang dari mana ke apartemen Tim. Ternyata Pikachu tersebut yang memang mendatangi Tim dan Tim terkejut karena ia bisa berkomunikasi dengan Pikachu. Dan akhirnya terungkap bahwa mereka ternyata memiliki tujuan yang sama.

7. Assassin’s Creed

Assassin’s Creed merupakan film yang adaptasi dari game bergenre Action dengan judul sama. Assassin’s Creed sendiri meupakan salah satu film adaptasi dari game yang cukup sukses.

Berkisah tentang seorang narapidana kasus pembunuhan bernama Callum Lynch yang diselamatkan dari eksekusi hukuman mati oleh Abstrego Industry, yang merupakan ordo Templar di masa kini.

Cal dipaksa untuk bergabung dalam Animus Project dan menghidupkan kembali kenangan dari nenek moyangnya Aguilar de Nerha, seorang Assassin di masa lalu. Cal juga mengalami kenangan Aguilar, dan mulai mendapatkan pengetahuan serta keterampilan untuk menghadapi Templar-kuno musuh dari Assassins.

Sophia Rikkin, ilmuwan yang memimpin Animus Project di Industri Abstergo membantu Cal untuk menghidupkan kenangan masa lalu leluhurnya.

8. Sonic the Hedgehog

Seperti diketahui, Sonic the Hedgehog merupakan game besutan SEGA yang muncul di era 1990-an. Sama seperti POKÉMON Detective Pikachu, Sonic the Hedgehog juga hadir di dunia nyata.

Bercerita tentang landak biru yang memiliki kekuatan kecepatan super yang berasal dari dunia lain, Sonic melarikan diri ke bumi dari penjahat yang berusaha memanfaatkan kekuatannya tersebut. Setelah ia secara tak sengaja menyebabkan pemadaman listrik besar-besaran saat ia bersembunyi di kota Green Hills, Montana, ia menjadi sasaran pemerintah dan mereka menyewa robotik jahat, yakni Dr. Robotnik untuk menangkapnya.

9. Final Fantasy VII: Advent Children

Film ini mengambil setting dua tahun setelah kejadian di Final Fantasy VII, pemulihan atas kerusakan pada planet Gaia yang hampir hancur akibat Meteor mulai diupayakan, saat itu penduduk Midgar mendirikan sebuah kota baru di bagian luar kota Midgar, yakni Edge untuk bertahan hidup. Namun, tiba-tiba muncul sebuah penyakit bernama Geostigma yang membuat penghuni planet Gaia menderita akibat penyebarannya yang sangat cepat.

Final Fantasy VII: Advent Children merupakan satu-satunya dalam daftar ini yang bukan film live-action. Film yang diadaptasi dari game besutan Square Enix ini termasuk film adaptasi dari game yang sukses

10. Prince of Persia: The Sands of Time

The Prince of Persia: The Sands of Time merupakan film adaptasi dari game bergenre action-adventure besutan Ubisoft dengan judul sama.

Berkisah tentang sosok Dastan yang dulunya merupakan anak jalanan di Persia. Ia kemudian diadposi dan diangkat menjadi pangeran oleh Raja Sharaman setelah menunjukkan keberaniannya. Dastan hidup bersama dua anak kandung Raja, yaitu Tus dan Garsiv, serta pamannya, Nizam.

Suatu hari, Nizam mendapat informasi bahwa kota Alamut memasok senjata bagi para musuh Persia. Dastan memimpin pasukan untuk menyerang Alamut yang kemudian Dastan dan pasukannya memenangkan pertempuran, bahkan Tamina sebagai putri kota Alamut berhasil ditangkap. Setelah pesta kemenangan, Dastan memberi hadiah berupa jubah kepada ayahnya, kelak Dastan akan dihadiahi Tamina sebagai istri. Namun setelah memakai jubah itu, sang Raja melepuh dan meninggal. Hal itu membuat masyarakat berpikir bahwa Dastan membunuh Raja.

Itulah 10 film yang diadaptasi dari game. Dari daftar di atas, manakah yang termasuk film favorit kamu? Tulis komentar kamu di bawah.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recent Posts

Advertisement

Trending

Topik

To Top