Connect with us

SukaSinema

10 Film yang Cocok Ditonton Saat Ramadan

ramadhan

Film

10 Film yang Cocok Ditonton Saat Ramadan

10 Film yang Cocok Ditonton Saat Ramadan

Saat Ramadan tiba, biasanya kamu akan melakukan berbagai macam aktivitas sembari menunggu adzan maghrib. Aktivitas tersebut salah satunya adalah menonton film.

Nah, SukaSinema punya daftar film yang cocok buat kamu tonton saat bulan Ramadan. Berikut beberapa judul film yang cocok ditonton saat Ramadan.

1. Children of Heaven (1997)

Children of Heaven merupakan film yang digarap oleh sutradara asal Iran bernama Majid Majidi. Film ini bisa membuat penontonnya menangis karena alur ceritanya yang menyentuh.

Mengisahkan tentang Ali Mandegar yang tidak sengaja menghilangkan sepatu milik adiknya yang bernama Zahra. Setelah itu, mereka sepakat untuk tidak memberitahu hal tersebut kepada orang tua mereka.

Setiap pergi ke sekolah, mereka bergantian memakai sepatu milik Ali. Suatu ketika ada perlombaan lari maraton yang diadakan di sekolah. Mengetahui adanya lomba tersebut, Ali pun turut serta pada lomba tersebut demi mengganti sepatu adiknya yang tidak sengaja ia hilangkan.

Saat perlombaan tiba, Ali memenangkan juara pertama, namun sayangnya ia gagal mendapatkan sepatu tersebut karena yang mendapatkan hadiah sepatu adalah juara ketiga bukan pertama.

Film ini memiliki alur cerita yang sangat menyentuh dan menginspirasi banyak orang. Children of Heaven berhasil masuk nominasi sebagai Film Berbahasa Asing Terbaik di ajang penghargaan film Academy Awards 1998.

(Dibintangi oleh Mir Farrokh Hashemian, Bahare Seddiqi, Reza Naji, Fereshteh Sarabandi)

2. Wadjda (2012)

Wadjda adalah sebuah film Arab Saudi-Jerman yang ditulis dan disutradarai oleh Haifaa al-Mansour. Film ini mengisahkan tentang seorang anak perempuan bernama Wadjda berumur 10 tahun yang rela berjualan di sekolah demi memiliki sebuah sepeda. Sepeda tersebut nantinya ingin ia gunakan untuk balapan bersama temannya yang bernama Abdullah.

Sebenarnya ia tidak boleh berjualan di sekolah karena peraturan sekolah tidak mengizinkannya. Lalu, akhirnya mengikuti lomba baca Al-quran untuk mengumpulkan uang. Namun, ketika ia memenangkan lomba tersebut, ia harus mengalami kekecewaan.

Tidak hanya konflik, namun juga ada kelucuan dan juga penonton dapat melihat bagaimana budaya masyarakat Arab Saudi yang sebenarnya.

(Dibintangi oleh Waad Mohammed, Reem Abdullah, Abdullrahman Al Gohani, Ahd Kamel)

3. The Color of Paradise (1999)

Film ini juga merupakan karya terbaik dari Majid Majidi setelah Children of Heaven. Berkisah tentang seorang anak laki-laki tuna netra bernama Mohammad yang berusia 10 tahun. Ia memiliki seorang ayah yang tidak menginginkannya. Namun, beruntung ia masih punya nenek dan dua saudara perempuan yang sangat menyayanginya.

Suatu ketika sang ayah menitipkan Mohammad kepada seorang tukang kayu. Neneknya yang merasa kehulangan Mohammad jatuh sakit dan meninggal dunia. Dengan perasaan menyesal dan bersalah, akhirnya sang ayah menjemput kembali Mohammad. Namun, ketika di perjalanan tiba-tiba Mohammad jatuh ke sungai dan hanyut melewati jembatan.

The Color of Paradise memiliki alur cerita yang memilukan dan karakter yang simpatik. Film ini telah menjadi favorit di festival film di seluruh dunia.

(Dibintangi oleh Mohsen Ramezani, Hossein Mahjoub, Salameh Feyzi, Farahnaz Safari)

4. Sang Kiai (2013)

Sang Kiai merupakan film besutan sutradara Rako Prijanto yang bertemakan perjuangan yang dibalut dengan nuansa Islam.

Film ini mengisahkan tentang penjajahan Jepang Tahun 1942 yg melarang pengibaran bendera merah putih, melarang lagu Indonesia Raya, dan juga memaksa rakyat Indonesia untuk melakukan Sekerei (menyembah matahari).

K.H. Hasyim Asy’ari (Ikranegara), seorang tokoh besar agamis saat itu melakukan penolakan keras terhadap hal tersebut karena menyimpang dari akidah agama Islam, karena sebagai umat islam hanya menyembah kepada Allah SWT. Karena tindakannya yang berani itu, Jepang menangkap K.H. Hasyim Asy’ari.

(Dibintangi oleh Adipati Dolken, Ikranagara, Christine Hakim, Agus Kuncoro)

5. A Separation (2011)

A Separation adalah film asal Iran pertama yang berhasil memenangkan piala Oscar untuk kategori film berbahasa asing terbaik di tahun 2012.

Film ini mengisahkan tentang pasangan suami istri, Nader dan Simin yang hendak bercerai. Alasannya cukup sepele, Simin berkeinginan untuk tinggal di luar negeri karena ia menganggap negara lain lebih cocok untuk membesarkan anak perempuan mereka yang bernama Termeh, sedangkan Nader menolak dengan alasan ia harus merawat dan menjaga ayahnya yang menderita Alzheimer.

Film ini berpesan bahwa sebuah perceraian pasti akan memberikan dampak kepada orang di sekitar mereka, terutama anak.

(Dibintangi oleh Shahab Hosseini, Leila Hatami, Peyman Moaadi, Sareh Bayat)

6. Mencari Hilal (2015)

Mencari Hilal merupakan film karya Ismail Basbeth yang penuh makna dan sarat akan nilai-nilai keagamaan.

Mengisahkan tentang seorang ayah bernama Mahmud yang memaksa untuk mencari hilal di usianya yang sudah renta. Dengan terpaksa, anaknya yang bernama Heli menemani ayahnya tersebut.

Pasangan ayah dan anak ini susah akur dikarenakan mereka selalu berbeda pendapat. Mereka sering bertengkar masalah tradisi, agama, dan pola pikir.

(Dibintangi oleh Oka Antara, Deddy Sutomo, Torro Margens, Erythrina Baskoro)

7. Ayat Ayat Cinta (2008)

Ayat Ayat Cinta adalah film besutan Hanung Bramantyo yang diadaptasi dari novel karya Habiburrahman El Shirazy dengan judul yang sama.

Mengisahkan tentang seorang mahasiswa Indonesia bernama Fahri yang sedang berkuliah di Universitas Kenamaan di Kairo, Mesir. Ia harus menghadapi menghadapi sebuah pilihan pada kisah asmaranya dan juga berbagai konflik di dalam hidupnya.

(Dibintangi oleh Fedi Nuril, Rianti Cartwright, Carissa Putri, Zaskia Adya Mecca)

8. Sang Pencerah (2010)

Sang Pencerah menceritakan tentang kehidupan salah satu tokoh Islam sekaligus pahlawan di Indonesia, yakni K.H. Ahmad Dahlan. Pada saat itu ia merasa bahwa syariat Islam mulai melenceng ke arah yang sesat. Maka dari itu, ia membuka sebuah sekolah yang mengajarkan syariat Islam yang baik dan benar.

Sayangnya, perjalanan Ahmad Dahlan tidak semudah itu, karena ia selalu saja ada masalah yang menghampirinya. Namun, ia tidak mudah putus asa. Berkat dukungan istri dan juga muridnya, ia akhirnya membangun sebuah organisasi Islam.

(Dibintangi oleh Lukman Sardi, Zaskia Adya Mecca, Muhammad Ihsan Tarore, Giring Ganesha)

9. Turtles Can Fly (2004)

Turtles Can Fly merupakan film asal Iran yang mengisahkan tentang anak-anak korban perang Irak-Amerika yang mencoba untuk bertahan hidup.

Film ini mengambil latar tahun 2003 ketika Amerika Serikat menginvasi Irak di sebuah desa Iraqi Kurdistan di perbatasan Iran dan Turki.

Beberapa anak yang menjadi korban peperangan tersebut adalah Satelite, Hengov, dan Agrin. Satelite merupakan sosok pemimpin bagi sekumpulan anak yatim piatu di kamp pengungsi, sedangkan Hengov adalah seorang anak yang malang karena kehilangan kedua tangannya akibat ranjau darat, dan Agri merupakan anak yang menganggap masa depannya suram.

(Dibintangi oleh Soran Ebrahim, Avaz Latif, Hiresh Feysal Rahman, Abdol Rahman Karim)

10. 99 Cahaya Langit di Eropa (2013)

99 Cahaya Langit di Eropa adalah film yang diadaptasi dari novel yang berjudul sama karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra.

Film ini menceritakan tentang sepasang suami istri, Hanun dan Rangga yang tinggal selama 3 tahun di Eropa dalam mempertahankan keyakinan, cinta, dan juga prinsip yang dibalut dengan persahabatan, konflik, dan pengungkapan misteri peradaban islam.

(Dibintangi oleh Acha Septriasa, Abimana Aryasatya, Raline Shah, Dewi Sandra)

Itulah 1o film yang cocok ditonton saat ramadan. Jika kamu mengetahui film lainnya yang cocok ditonton saat bulan ramadan, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar.

Continue Reading
You may also like...

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recent Posts

Advertisement

Trending

Topik

To Top