Connect with us

SukaSinema

7 Film Bertema Natal Paling Menyentuh Sepanjang Masa

Film

7 Film Bertema Natal Paling Menyentuh Sepanjang Masa

7 Film Bertema Natal Paling Menyentuh Sepanjang Masa

Hari Natal adalah salah satu hari yang paling menggembirakan sepanjang tahun. Bertukar kado dan kasih sayang kepada orang terdekat, hari ini pantas dirayakan dan dinikmati bersama. Maka tidak heran jika terdapat banyak film yang bertema Natal dengan berbagai pesan moral untuk kehidupan.

Dari sekian banyaknya film bertema Natal yang telah dibuat sepanjang masa perfilman, berikut ini adalah beberapa film bertema Natal yang paling menyentuh. Menonton film-film berikut ini rasanya seperti merasakan keajaiban Natal secara langsung.

It’s A Wonderful Life (1946)

Berkisah tentang George Bailey, seorang manajer sebuah bank di sebuah kota kecil bernama Bedford Falls yang memiliki hutang menumpuk. Awal film ini berlatar belakang Malam Natal tahun 1946, di mana George sedang berpikir untuk bunuh diri karena menghadapi kehancuran finansial dan bisa dipenjara dan selama ini juga menganggap dirinya sebuah kegagalan. Sementara itu, jauh di atas kota Bedford Falls, terdengar dua suara makhluk suci yang membicarakan dilema George. Mereka pun akhirnya memutuskan untuk mengutus seorang malaikat ceria, Clarence Oddbody, yang setelah 200 tahun hidup masih belum mendapatkan sayapnya. Ia diutus untuk membantu George Bailey keluar dari kesulitan hidupnya.

Namun sebelumnya, Clarence harus mengetahui terlebih dahulu kisah hidup George. Termasuk juga banyak hal baik yang telah ia lakukan seperti menyelamatkan adiknya yang tenggelam, dipukuli seorang pecandu narkoba yang akan mengirim racun tanpa sengaja ke seorang anak, melewatkan masa liburannya untuk membantu Bailey Building and Loan tetap berjalan untuk para pelanggannya.

Melalui semua masalahnya yang muncul karena kebaikannya, George menikahi kekasihnya sejak kecil, Mary. Namun bahkan kasih sayang dari Mary dan anak-anaknya tidak cukup ketika George dihadapi kekurangan keuangan hingga 8000 dolar di pembukuannya. Ia pun terancam masuk penjara akibat ulah jahat seseorang. Satu hal yang pasti, sang malaikat Clarence harus bisa membantu George keluar dari masalah ini dan tetap bertahan hidup.

The Nightmare Before Christmas (1993)

Film ini mengikuti petualangan seorang Jack Skellington. Ia adalah raja labu tersayang di kota Halloween yang telah merasa bosan dengan rutinitas setiap tahun untuk menakut-nakuti orang di dunia nyata. Ketika Jack tanpa sengaja memasuki kota Natal, ia pun merasakan kehidupan yang baru di bawah warna-warna ceria dan jiwa yang hangat. Ia lalu berencana untuk menaklukan Natal dengan cara menculik Santa Klaus dan mengambil alih perannya. Namun Jack akan menemukan bahwa rencana terbaiknya pun bisa menjadi gagal.

Love Actually (2003)

Seluruh kota London sedang dimabuk cinta, atau setidaknya beberapa ingin merasakannya. Terdapat lebih dari 12 karakter utama dalam kisah-kisah yang saling berkaitan di film ini. Semua kisahnya bercerita tentang kasih sayang dan cinta yang bertebaran pada suatu malam Natal. Sebuah pernikahan yang terlihat sempurna antara Juliet dan Peter, namun di baliknya terlihat sahabat karib mereka, Mark, yang diam-diam menaruh rasa kepada Juliet. Ada juga Daniel yang baru saja ditinggalkan istrinya, ia berusaha untuk membantu anak tirinya, Sam, untuk menyatakan cinta kepada teman kelasnya.

Kemudian di bagian kota lainnya, seorang Ibu pekerja keras, Karen, berusaha untuk menghidupkan kembali asmaranya bersama sang suami, Harry, yang diam-diam tertarik dengan salah satu koleganya yang masih muda. Di kantor yang sama dengan kantor Harry, Sarah menaruh rasa kepada teman kantornya yang juga menyukainya, namun sayangnya ia harus menaruh kebutuhan adiknya pada nomor satu.

Miracle On 34th Street (1947)

Berkisah tentang Kris Kringle, seorang pria tua dan berjenggot yang sangat mirip dengan Santa Klaus. Ia ditawarkan untuk menggantikan Santa Klaus yang seharusnya memimpin parade Thanksgiving toko Macy. Dalam tawarannya, Kris harus bertindak sebagai Santa di toko boneka Macy.

Akan tetapi, sang pengawas, Maureen O’Hara, merasa khawatir dengan sikap dan tindakan Kris Kringle sebagai Santa Klaus. Bukan hanya ia begitu percaya bahwa dirinya memang Santa Klaus, namun ia juga menyarankan para pembeli untuk pergi ke toko lain jika mainan yang dicari tidak ada di Macy.

Meski begitu, sang pemilik toko menganggap bahwa saran dari Kris justru akan menjadi gimmick yang bagus dalam perannya sebagai Santa. Ia pun ingin sang pria tua itu tetap bekerja di situ. Namun perjalanannya sebagai Santa Klaus tidak lancar begitu saja. Karena psikolog Macy yang jahat berencana untuk mengurung Kris di Rumah Sakit Jiwa atas alasan dirinya adalah orang gila. Kris pun dibantu oleh seorang pengacara, John Payne, yang berusaha untuk membuktikan di pengadilan bahwa Kris bukanlah orang gila dan bahwa dirinya memang benar seorang Santa Klaus.

Elf (2003)

Buddy tidak sengaja terbawa ke Kutub Utara ketika dirinya masih balita dan akhirnya ia dibesarkan di sana hingga besar oleh para peri Santa Klaus. Namun ketika Buddy sudah dewasa, ia merasa bahwa dirinya tidak cocok berada di sana dan akhirnya pergi ke New York, lengkap dengan seragam perinya, untuk mencari Ayah kandungnya. Ternyata, ayahnya adalah Walter Hobbs, seorang pebisnis yang sinis. Setelah sebuah tes DNA membuktikan hubungan sedarah keduanya, Walter dengan terpaksa berusaha untuk memulai hubungan keluarga dengan Buddy yang masih seperti anak-anak. Usaha tersebut pun membuahkan hasil yang sangat kacau.

Scrooged (1988)

Dibuat berdasarkan kisah A Christmas Carol karya Charles Dickens dan berkisah mengenai Frank Cross, seorang eksekutif pertelevisian dan juga orang paling jahat sedunia. Cross bersedia melakukan apapun untuk menaikan jumlah penonton stasiun televisinya. Terutama jika dirinya harus membuat acara-acara yang berlebihan untuk menjaga para penontonnya.

Namun rencana Frank untuk meningkatkan penonton bukan hanya sampai di situ. Rencana paling jahatnya adalah untuk libur Natal, ketika ia akan memaksa para karyawan stasiun televisinya untuk membuat acara A Christmas Carol langsung di televisi nasional, sehingga membuat mereka bekerja di malam Natal.

Akan tetapi, kehidupan Frank Cross berubah ketika ia dikunjungi oleh tiga hantu: seorang supir taksi yang dikenal sebagai Hantu Dari Natal Masa Lalu, seorang peri cerita dengan julukan Hantu Dari Natal Masa Ini, dan juga seorang hantu tanpa kepala, Hantu Dari Natal Masa Depan. Mereka bertiga akan mengkremasi Frank tanpa memberinya kesempatan kedua. Frank pun dibawa untuk melihat bagaimana masa lalunya, masa ini, dan masa depannya telah membuatnya menjadi begitu jahat.

Home Alone (1990)

Home Alone adalah sebuah film komedi keluarga yang bercerita tentang seorang anak laki-laki bernama Kevin yang tanpa sengaja tertinggal di rumah ketika seluruh anggota keluarganya pergi berlibur ke Prancis selama masa liburan. Ketika ia menyadari bahwa dirinya telah ditinggal sendiri di rumah, ia belajar untuk mengurus dirinya sendiri. Bahkan hingga ia harus melindungi rumahnya dari dua pencuri yang berencana untuk mencuri dari semua rumah di komplek perumahannya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recent Posts

Advertisement

Trending

Topik

To Top